Ide, ekspresi dan ruang digital

Ide, Ekspresi dan Ruang Digital

Saat ini kita semua sangat cepat bertransformasi dalam hal menggunakan teknologi terutama di tahun 2020 karena faktor kebutuhan hidup dan adanya pandemi covid-19 . Tak hanya bertransformasi dengan memiliki perangkat digital tetapi juga memanfaatkan ruang digital yang diakses melalui jaringan internet. Tentu ruang digital dapat memberikan dampak positif jika kita gunakan secara bijak.

Melalui ruang digital kita semua dapat bebas berekspresi seperti berpendapat boleh, posting foto/video/audio, atau berbagai cerita yang terpenting kita harus ingat ingat ingat ting! Bahwa semua itu harus dilakukan dengan tujuan positif dan sesuai dengan netiket (network etiquette) karena di ruang digital yang mengakses tidak hanya orang di sekitar kita tapi dari berbagai penjuru dunia ditambah dengan karakter ruang digital yang sangat kuat menyimpan sehingga akan ada yang namanya jejak digital, jadi walaupun sudah dihapus masih bisa ditelusuri kembali dengan berbagai cara.

Jadi untuk teman-teman yang mungkin dalam kehidupan nyata masih malu, ragu-ragu atau bingung. Let’s show up your potential guys! #ExpressingYourIDea Ada banyak platform yang bisa kita gunakan seperti instagram, tik tok, twitter, facebok, dll. Jika ingin yang bukan media sosial pun ada, kita bisa menggunakan blog.

Berbeda dengan media sosial, blog adalah seutuhnya milik kita sehingga kita tidak dibatasi dalam berekspresi, berkreasi dan menulis. Contoh seperti membuat tampilan halaman, kita bisa menyesuaikan ingin menggunakan font apa, tata letak seperti apa, warna yang kita sukai. Bahkan setiap halaman bisa kita buat berbeda.

Yang terpenting selama kita berekspresi tetap pegang kendali dan bertanggung jawab ya. Lalu ada perbedaan besar antara media social dan blog yang kita buat dengan domain sendiri yaitu kredibilitas kepemilikan.

Mungkin semua orang bisa membuat akun media sosial bahkan dengan akun anonim, berbeda dengan domain [.]id dimana kita harus menggunakan kartu identitas untuk mendaftar sehingga orang akan lebih percaya bahwa kita bukan anonim termasuk jika mereka ingin melaporkan blog yang memiliki konten negatif maka akan langsung di proses oleh pihak hosting.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*