Jenis vitamin

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tidak terasa waktu berlalu kita semua sudah berada di penghujung tahun dan mengalami pergantian cuaca ke musim hujan. Walaupun hujan datang hanya di waktu tertentu tapi hal itulah yang membuat kita lebih mudah sakit seperti terkena flu. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan tubuh yang tentunya berasal dari nutrisi makanan yang kita konsumsi. Tidak sekedar protein, karbohidrat, serat tapi juga vitamin untuk daya tahan tubuh.

Jadi walaupun kita sibuk jangan sampai kekurangan vitamin, karena saat ini sudah ada tambahan dari suplemen atau susu jika vitamin yang kita dapatkan dari konsumsi kita belum terpenuhi. Untuk membantu pemilihan suplemen atau susu temen-teman dapat cek kandungan vitamin yang tersedia seperti :

Vitamin A

Jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang larut dalam lemak ini umumnya ditemukan dalam daging, hati, telur, buah-buahan dan sayuran hijau. Vitamin A memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penglihatan mata karena terdapat zat beta karoten.

Vitamin B

Vitamin yang terdiri dari 8 jenis ini membantu untuk meningkatkan energi, kesehatan rambut kulit, mengurangi stress dan men . Jenis vitamin B yang umumnya kita temui adalah B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (folat), dan B12 (kobalamin).

Vitamin C

Vitamin larut dalam air yang terkenal untuk mecegah kerusakan sel dalam kulit, tulang, dan gigi ini menjadi salah satu yang wajib ada. Karena selain untuk sel vitamin c berperan dalam menjaga system kekebalan tubuh.

Vitamin D

Vitamin yang juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini juga bis adigunakan dalam pengobatan osteoporosis, hipoparatiroid, rakitis, atau hipofosfatemia

Vitamin E

Vitamin larut lemak ini memiliki efek antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Umummnya vitamin ini didapat dari konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian

Vitamin K

Vitamin yang diperlukan dalam proses pembekuan darah, Apabila kekurangan vitamin ini maka darah akan sulit beku dan mengakibatkan mudah mengalami pendarahan.

 

Setelah mengetahui vitamin yang diperlukan tubuh pastikan jika mengonsumsi suplemen atau susu tetap sesuai aturan. Jangan lupa usahakan pola makan, minum air putih, olahraga, istirahat dan mengelola emosi agar kesehatan tubuh terjaga.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*