susu formula bayi

3 Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Hai Moms ! Apakah ada yang mengalami kesulitan memilih susu formula terbaik untuk bayi ? Tentu Moms tidak sendiri yang dilanda, karena sebagai Ibu tentu kita ingin memberikan asupan nutrisi terbaik untuk anak kita, salah satu asupannya adalah susu. Bagi Moms yang bisa memenuhi kebutuhan ASI tentu tidak masalah, tapi tidak sedikit juga yang belum bisa memenuhi kebutuhan karena berbagai faktor. Sehingga para Moms ini akan mencari alternatif lainnya yaitu susu formula.

Walaupun tidak sama persis kandungannya dengan ASI tetapi, susu formula diharapkan bisa memenuhi nutri agar bayi bisa tumbuh optimal. Di pasaran sendiri tersedia banyak jenis susu formula dengan kandungan yang berbeda-beda tentunya. Jadi, para Moms perlu jeli dalam memilihnya karena yang memahami kondisi bayi dan kebutuhannya tentu kita sendiri bukan?

Ada beberapa tips yang bisa Moms pakai ketika memilih susu formula terbaik untuk bayi.

 

Kondisi bayi

Dengan memahami kondisi bayi seperti kesehatan atau keadaannya, Moms bisa menyesuaikan dan tentunya hal ini perlu didiskusikan bersama Dokter Anak agar tidak salah pilih.

Contoh bayi dengan berat lahir normal tentu berbeda dengan bayi dengan berat badan lahir rendah. Dimana susu formula yang diperlukan mengandung kalori dan mineral ekstra.

 

Jenis susu formula

Susu formula yang baik tidak dilihat dari merek dan harganya tetapi kandungannya.

Susu formula ada yang berasal dari susu sapi dan juga susu kedelai yang dipilih jika bayi tidak cocok dengan susu sapi dengan beberapa tanda seperti kembung, menyebabkan ruam atau hal lain.

Selain itu, susu formula menggunakan jenis protein yang berbeda. Ada whey, protein jenis casein, dan gabungan keduanya. Jika baru lahir dan di bawah 1 tahun bisa menggunakan protein jenis whey yang lebih mudah dicerna.

 

Perhatikan kandungan susu

Susu formula sendiri umumnya terdiri dari kumpulan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak. Tapi, ada juga kandungan lain yang sama pentingnya agar semakin baik kandungannya.

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu para Moms memilih susu formula terbaik untuk bayi. Jangan lupa untuk simpan susu formula dalam wadah tertutup dan jauh dari kelembaban karena dapat membuat susu menggumpal dan menurunkan kadar nutrisi didalamnya.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*