Makanan Tinggi Zat Besi

Bahan Makanan Tinggi Kandungan Zat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

Ketika memasak terkadang kita lebih mengutamakan rasa daripada keseimbangan gizi. Nah kali ini mimin mau share ke #SahabatJingga tentang bahan makanan apa aja sih yang mengandung zat besi.

 

Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh

Biar nambah ilmu, jadi apa sih manfaat zat besi buat tubuh? Manfaatnya ada banyak loh, terutama bisa jaga kalian dari anemia. Manfaat lainnya yaitu bisa menambah stamina, menambah imunitas tubuh, membantu pertumbuhan badan.

 

Bahan Makanan Tinggi Kandungan Zat Besi

1. Hati

Menu makanan ketika kita mondok di rumah sakit biasanya adalah masakan yang mengandung hati ayam atau sapi. Tau kenapa? Tentunya karena kandungan zat besi dan vitaminnya yang tinggi dong.

Di beberapa artikel dikatakan bahwa satu porsi 3,5 ons (100 gram) hati sapi mengandung sampai 6,5 mg zat besi. Jadi misal kalian baru lemes atau merasa kurang darah bisa nih makan hati bukan makan ati yaaa.

 

2. Daging Merah

Setelah hati tentunya ga ketinggalan juga dong sama daging merah. Walau kandungan zat besi di daging merah cuma 2,7 mg zat besi tentunya lebih enak daripada hati karena beberapa orang tidak terlal suka dengan hati.

 

3. Ikan

Sember zat besi hewani yang lain adalah ikan. Seperti kata Bu Susi, “Sudah makan ikan hati ini?” yang tentunya bukan hanya isapan jempol belaka namun memang besar manfaatnya.

Kandungan zat besi pada danging ikan sekitar 1,4 mg zat besi pada setiap 85 gram ikan tuna. Selain zat besi tentunya ikan trekenal dengan kandungan Omega 3 nya yang sangat tinggi.

 

4. Kerang

Selain ikan ada juga kerang yang mengandung banyak zat besi. Menurut beberapa artikel kerang mengandung 3 mg zat besi pada setiap 100 gram sajian.

 

5. Kacang – Kacangan

Beralih dari sumber hewani sekarang kita membahas ke sumber nabati. Siapa sih yang gak doyan kacang? Walaupun sebenernya doyan tapi kehalang alergi atau takut jerawatan paling hehe. Nah tapi tau gak kalau ternyata kacang-kacangan mengandung zat besi sekitar 6,6 mg zat besi setiap 200 gram?

 

6. Bayam

Masih kenal dengan kartun Popeye? Ternyata bukan bohongan kalau bayam yang dimakan Popeye bisa menambah stamina tubuh kita. Zat besi pada bayam ada sekitar 2,7 mg pada setiap 100 gram sajian.

 

7. Tahu

Nah ini solusi buat kalian yang gak bisa makan kacang tapi seenggaknya masih bisa makan turunannya kan? Yup, tahu mengandung sekitar 3,4 mg zat besi pada setiap 126 gram sajian.

 

Jadi dari sekian banyak bahan makanan yang udah disebutin tadi ada yang jadi kesukaan #SahabatJingga ga nih? Kebutuhan zat besi tentunya ga mandang umur ya, apa lagi kalau kalian masih dimasa pertumbuhan yang tentunta membutuhkan banyak zat besi untuk terus berkembang. Untuk #SahabatJingga yang udah jadi orang tua jangan sampai ya anak kurang zat besi, untuk itu penting banget buat kombinasi makanan setiap hari.

 

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*